SEKILAS INFO
: - Selasa, 26-10-2021
  • 3 tahun yang lalu / Website SD Plus Muhammadiyah Kota Sungai Penuh ini masih dalam tahap konstruksi serta pengembangan, akan diluncurkan secara resmi pada awal Januari 2021
  • 4 tahun yang lalu / Website ini adalah media komunikasi dan berbagi informasi kepada masyarakat luas, khususnya masyarakat kota Sungai Penuh dan kabupaten Kerinci
Urgensi dan Kontribusi Pendidikan Bagi Kemajuan Bangsa

Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, suku, sumber daya alam, dan sebagainya. Sebagai negara maju dan berkembang, sumber daya manusia tidak boleh dikesampingkan. Kualitas warga negara akan menentukan ke arah mana negara tersebut akan bergerak. Pendidikan merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu setiap warga negara harus dan wajib mengikuti jenjang pendidikan, baik jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi. Pendidikan memegang peranan penting dalam menentukan kualitas warga negara. Bagaimana tidak, pendidikan merupakan investasi seseorang bagi masa depannya dan merupakan bagian dari penentu kesuksesan seseorang.

Indonesia merupakan negara demokrasi, dimana rakyatnya memiliki kebebasan yang dilindungi oleh hukum. Setiap warga negaranya memiliki kebebasan yang dilindungi oleh HAM. Negara telah mengatur hak setiap warga Negara Indonesia untuk mendapat pendidikan sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas hidupnya yaitu pada UUD pasal 28 C ayat 1 dan 2 dan pasal 31 ayat 1 dan 2. Dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 juga memuat salah satu tujuan Bangsa Indonesia, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Bahkan, pemerintah berupaya meningkatkan taraf kehidupan rakyatnya dengan mewajibkan belajar pendidikan dasarnya selama 9 tahun bagi warga negara Indonesia.

Seiring dengan perkembangan zaman, setiap orang berlomba-lomba ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Pendidikan dapat mengembangkan pemikiran setiap orang. Pendidikan tidak hanya selalu mengenai pelajaran di sekolah, melainkan pendidikan juga diperlukan dalam bersikap dan bertingkah laku. Setiap orang harus dibudayakan untuk dididik sejak kecil, contohnya dididik agar sopan dalam bertingkah laku, memiliki etika berbicara, etika makan, dan sebagainya. Jika setiap orang di Indonesia ini memenuhi kewajiban belajarnya, tentu kualitas warga negara juga akan bertambah. Dengan demikian, negara indonesia dapat meningkatkan Sumber Daya Manusianya yang akan memberikan dampak positif di berbagai bidang.

Manusia yang berpendidikan atau berilmu tentu berbeda dari manusia yang tidak berpendidikan atau tidak berilmu. Hal ini tentu dapat dilihat dari cara bersikap, bertutur, cara berpikir, dan menjaga emosi. Negara, masyarakat masa datang, diperlukan ilmu yang cukup untuk dapat mendukung kokohnya pendirian suatu Negara. Negara yang akan melangkah maju membutuhkan daya dukung besar dari masyarakat, membutuhkan tenaga kerja yang lebih berkualitas, dengan semangat loyalitas yang tinggi. Negara didorong untuk menggugah masyarakat agar dapat tercipta rasa persatuan dan kesatuan serta rasa turut memiliki.

Masyarakat harus disadarkan untuk segera mengabdikan dirinya pada negaranya, bersatu padu dalam rasa yang sama untuk menghadapi krisis budaya, kepercayaaan, moral dan lain-lain. Negara harus menggambarkan image pada masyarakat agar timbul rasa bangga dan keinginan untuk melindungi serta mempertahankan Negara kita. Pendidikan kewarganegaraan adalah sebuah sarana tepat untuk memberikan gambaran secara langsung tentang hal-hal yang bersangkutan tentang kewarganegaraan. Akan tetapi, seperti yang telah kita ketahui, ada banyak orang yang menyepelekan pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan.

Kita semua tahu bahwa Pendidikan Kewarganegaraan mengajarkan bagaimana warga negara itu tidak hanya tunduk dan patuh terhadap negara, tetapi juga mengajarkan bagaimana sesungguhnya warga negara itu harus toleran dan mandiri. Pendidikan ini membuat setiap generasi baru memiliki ilmu pengetahuan, pengembangan keahlian, dan juga pengembangan karakter publik. Pengembangan komunikasi dengan lingkungan yang lebih luas juga tecakup dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Meskipun pengembangan tersebut bisa dipelajari tanpa menempuh Pendidikan Kewarganegaran, akan lebih baik lagi jika Pendidikan ini di manfaatkan untuk pengambangan diri seluas-luasnya.

Rasa kewarganegaraan yang tinggi, akan membuat kita tidak akan mudah goyah dengan iming-iming kejayaan yang sifatnya hanya sementara. Selain itu kita tidak akan mudah terpengaruh secara langsung budaya yang bukan berasal dari Indonesia dan juga menghargai segala budaya serta nilai-nilai yang berlaku di negara kita. Memiliki sikap tersebut tentu tidak bisa kita peroleh begitu saja tanpa belajar. Oleh karena itu, Pendidikan Kewarganegaraan masih sangat penting untuk dipelajari.

Data Sekolah

SD Plus Muhammadiyah Sungai Penuh

NPSN : 347446868

Jl. Jenderal Ahmad Yani, Dusun Baru
KEC. Sungai Bungkal
KAB. Sungai Penuh
PROV. Jambi
KODE POS 37111
TELEPON 085369654508
FAX 0724-1234567
EMAIL sdplusmuhammadiyahspn@gmail.com

Maps Sekolah